Selasa, 12 November 2013

Merevisi Artikel mengenai Perekonomian Indonesia Saat ini dengan pola tulisan Induktif

Kondisi Ekonomi Indonesia Sekarang Berbeda dengan Krisis 2008

            Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat.dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. Dengan pendapatan nasional per tahun indonesia mampu memberikan kemajuan. Ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi pada saat ini. Salah satu pertumbuhan ekonomi yang dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian. Selain itu, ekspor dan impor, serta investasi.

            Kondisi perekonomian saat ini lebih baik dilihat dari sektor perekonomian makro dibidang perbankan yang pertumbuhannya meningkat, sehingga tidak ada lagi istilah Bank sakit. Dalam kondisi seperti ini bukan berarti pemerintah bisa bersantai dan membiarkan begitu saja. Pemerintah harus tetap waspada dan melakukan langkah-langkah yang dapat menenangkan pasar.  

Sedangkan kondisi perekonomian saat ini tidak sekarut-marut sewaktu tahun 2008. Ketika krisis 2008 nilai tukar rupiah terhadap dolar mencapai Rp 12.000 dan indeks harga saham gabungan anjlok sampai 50 persen. Pemerintah meyakinkan pelaku pasar modal bahwa kondisi ekonomi yang saat ini terjadi di Indonesia tidak akan menyamai krisis pada 1998 maupun 2008. Tanggapan pelaku pasar terhadap kebijakan pemerintah cukup positif. Hanya mereka masih menunggu kebijakan yang lebih langsung dari moneter. Pemerintah berusaha untuk menjelaskan situasinya kepada pelaku pasar agar suasana tidak menjadi lebih berat. 

Keterangan : kalimat yang berhuruf tebal dan miring merupakan kalimat dengan pola induktif. Induktif adalah kalimat utama (gagasan pokok) yang ada diakhir.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/08/29/ms93cr-kondisi-ekonomi-indonesia-sekarang-berbeda-dengan-krisis-2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar