MAKALAH PENGANTAR BISNIS
“ KEWIRAUSAHAAN DAN USAHA KECIL”
DISUSUN OLEH : 1. EKA SAFITRI (22211357)
2. ESMIN
FRANSISKA H. (22211502)
3. FEBRINA
FITRIANI (22211782)
4. MARWAH
QURROTA A. (24211333)
5. NOVITA ANOM SARI (25211249)
6. SYIFA YUSNIKA (27211003)
FAKULTAS EKONOMI (AKUNTANSI)
TAHUN AJARAN 2011-2012
K A T A P E N G A
N T A R
Alhamdulillah, dengan mengucapkan puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik meskipun masih terdapat kekurangan dalam
penulisan makalah ini.
Sebagai penulis, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah
membantu dalam pengumpulan sumber informasi dalam penyusunan makalah
ini, baik secara langsung maupun
secara tidak langsung.
Penulis menyadari akan kekurangan dan kelemahan dalam
penyusunan isi ataupun bahasanya. Namun harapan penulis adalah agar dapat
diterima dan bermanfaat bagi para pembaca.
Akhir kata
“Tak
ada gading yang tak retak”, begitu pula dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa tidak ada sesuatu
yang sempurna, masih banyak kekurangan yang luput dari perhatian, oleh karena
itu penulis memohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan. Akhir kata
penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri
khususnya dan para pembaca umummya.
Bekasi,
11 Nov 2011
Penulis
BAB I
PENDAHLUAN
wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat
mengenali produk baru , menentukan cara produk baru , menyusun operasi untuk
pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.
Sedangkan Kewirausahaan adalah suatu sikap yang berusaha untuk memanfaatkan
peluang usaha , guna memenuhi kebutuhan ataupun mencapai kemakmuran
dengan inovasi – inovasi yang dimiliki .
Usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai jumlah
tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun
1999 kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak
Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan).
Secara
sederhana perbedaan antara perusahaan kecil dengan kewirausahaan adalah
kewirausahaan adalah berbentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin
anggotanyan untuk mencapai tujuannya tersebut. Sedangkan perusahaan kecil
berbentuk organisasi atau kelompok kecil.
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut kamus
besar Bahasa Indonesia , wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat
mengenali produk baru , menentukan cara produk baru , menyusun operasi untuk pengadaan
produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya .
Pengertian Kewirausahaan
a . Kewirausahaan adalah
mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil
karyanya
dalam arti meningkatkan penghasilan .
b . Kewirausahaan adalah
suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan
dan keinginan melalui inovasi , tanpa memperhatikan sumber
daya yang mereka kendalikan (robin 1996 )
c . Kewirausahaan adalah
proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran .
Dari pengertian di atas dapat
di abil kesimpulan bahwa Kewirausahaan adalah suatu sikap yang berusaha untuk
memanfaatkan peluang usaha , guna memenuhi kebutuhan ataupun mencapai
kemakmuran dengan inovasi – inovasi yang dimiliki .
Ciri-ciri seorang
kewirausahaan antara lain :
n Selalu
optimis
n Secara
terus-menerus melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain
n Tidak Pernah
merasa puas, dan selalu dapat mengeksploitasi perubahan yang ada
n Selalu
mempunyai komitmen untuk menang
n Mempunyai
inuisi yang tajam
n Action
oriented
n Dapat
memanfaatkan ancaman menjadi peluang
*Unsur-unsur penting
wiraswasta
1.
Sikap
Sikap merupakan unsur yang
timbul dari dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perbuatan atau
tindakan .Sikap merupakan modal dasar bagi seorang wirausaha untuk meraih
keberhasilan , karena sikap menunjukan kepribadian seseorang yang mempengaruhi
pola pikir orang lain terhadap dirinya
2. Kemampuan dan
keterampilan
Untuk menjadi seorang
wirausaha selain mempunyai dana, juga harus mempunyai kemampuan dan
keterampilan . Kemampuan dalam ia merupakan anggota masyarakat yang tidak
dapat melepaskan diri dari lingkungannya untuk itu ia harus menghormati etika
kemasyarakatan tanpa mengesampingkan budaya setempat .
Fungsi seorang Wirausaha
1. Memasuki usaha-usaha
baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain .
2. Memulai produksi suatu jenis
barang / jasa baru atau jenis barang / jasa yang sudah ada dengan cara baru .
3. Melaksanakan reorganisasi
usahanya
4. Membuka pasaran baru
5.
Mengembangkan
sumber-sumber logistic baru atau mengusahakan inovasi-inovasi.
Kreativitas biasanya diterjemahkan
sebagai kemampuan seserang menggunakan kesempatan yang tersedia melalui
cara-cara baru dalam memecahkan persoalan yang tengah dihadapi.Inovasi
dimaksudkan sebagai ketajaman intuisi seseorang untuk menerapkan kreativitas
tadi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan
kewirausahaan:
n Personal,
menyangkut aspek kepribadian seseorang
n Sociological,
yaitu menyangkut hubungan dengan keluarga, menunjang atau tidak
n Environmental,
ini menyangkut factor lingkungan seseorang dimana ia dibesarkan, ia akan
terpengaruh dengan lingkungan tersebut
Manfaat yang dapat diraih bila sesorang menjadi wirausahawan :
l Mengurangi pengangguran, memperluas daya
tampung tenaga kerja
l Pemelihara keserasian lingkungan dan
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
l Mendorong seseorang hidup mendiri tanpa
tergantung pada orang lain
l Memperbanyak orang yang taat hokum dan
peraturan
l Mengembangkan kehidupan ekonomi kerakyatan
l Mendidik generasi muda untuk disiplin dan
menciptkan lapangan kerja baru
l Memberi contoh hidup sederhana, dan suka kerja
keras
Perusahaan kecil
-
Pengertian perusahaan kecil
Usaha kecil merupakan usaha
yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan
Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 kategori usaha kecil adalah yang memiliki
kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan
bangunan); penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00.milik Warga Negara
Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk
usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi.
Ebert dan
Griffin mendefinisikan bisnis kecil adalah suatu usaha yang dimiliki dan dikelola
secara bebas, dan bisnis kecil ini tidak mendominasi pasar. Bisnis kecil ini bukan merupakan
bagian atau cabang dari perusahaan lain. Yang menjalankan bisnis ini adalah
pemilik sendiri, bekerja bebas sesuai dengan kesanggupannya.
Ciri-ciri perusahaan kecil
a. Manajemen berdiri sendiri,
dengan kata lain tidak ada pemisahan yang tegas antara pemilik dengan pengelola
perusahaan. Pemilik adalah sekaligus pengelola dalam UKM.
b. Modal disediakan oleh seorang
pemilik atau sekelompok kecil pemilik modal.
c. Daerah operasinya umumnya lokal, walaupun
terdapat juga UKM yang memiliki orientasi luar negeri,berupa ekspor ke
negara-negara mitra perdagangan
d. Ukuran perusahaan, baik
dari segi total aset, jumlah karyawan, dan sarana prasarana yang kecil.
Kekuatan dan Kelemahan
Perusahaan kecil
Kekuatan Perusahaan kecil
1. Manajemen perusahaan lebih
dapat terkontrol
2. Prosedur hukumnya sederhana
3. Bebas dalam menentukan barang
atau jasa yang diproduksi
4. Pemilik dapat menerima
seluruh laba
5. Pendistribusian barang
ataupun pengenalan produk lebih mudah
Kelemahan Perusahaan Kecil
1 . Resiko
usaha ditanggung oleh si pemilik
2 .
Kurangnya informasi dalam menjalankan bisnis
3 .
Pembagian kerja tidak proposional
4 . Tidak
ada perencanaan mengenai anggaran
5 .
Tidak pernah melakukan studi kelayakan
Cara-cara mengembangkan
perusahaan
kecil
1. Mengetahui
kondisi internal maupun eksternal perusahaan
Disini Perusahaan harus
mengetahui kondis internal dan eksternal perusahaan , kondisi internal
dapat berupa peningkatan produksi ataupun
peningkatan mutu barang , selain itu menajemen perusahan harus lebih
ditingkatkan agar dapat memanage perusahaan dengan baik , sedangkan dari sisi
eksternal perusahaan perusahaan harus melihat kondisi masyarakat sebagai
konsumen , perusahaan harus mengetahui barang/jasa apa yg sedang dibutuhkan
oleh konsumen , dengan melihat para pesaing kita dapat menentukan harga untuk
barang .
2. Melakukan promosi
produk
Promosi harus lebih gencar
dilakukan sebagai usaha untuk memperkenalkan produk , promosi dapat
berupa potongan harga ataupun penjualan paket .
Sebab-sebab kegagalan bisnis kecil antara Lain :
l Tidak mampu mengelaola bisnis, kurang pengetahuan
l Terlalu santai menjalankan bisnis
l Tidak mampu melakukan pengawasan terhadap
pegawai
l Modal sangat kecil, sehingga menjadi serba
sulit
Faktor yang mendorong
keberhasilan bisnis kecil :
n Ada usaha kerja keras
n Produk yang dijual memang sangat dibutuhkan
oleh masyarakat sekelilingnya
n Pemilik adalah seorang yang mampu memimpin
n Ada factor keberuntungan, yaitu adanya titik
temu antara berdoa dan berusaha